Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membedakan Blackthroat Jantan Dan Betina, ini Tipsnya

Perbedaan Blackthroat Jantan dan Betina


Salam sobat semua,.
Meski sudah banyak artikel yang ditulis membahas masalah ini, tidak ada salahnya untuk kita bahas lagi di sini, karena nyatanya masih banyak peminat pemula yang menjadi korban penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Blackthroat Jantan
1. Bentuk fisik
Blackthroat jantan mempunyai ciri-ciri khas yaitu berpostur tegak dan panjang, berleher panjang dan berkepala besar lonjong.
2. Ocehan
Blackthroat jantan dewasa mempunyai variasi kicauan yang panjang namun tidak putus-putus (ngerol), power suara juga lebih keras. Lalu bagaimana bila masih paud/anakan? Anakan blackthroat umumnya sudah rajin berbunyi atau ngriwik saat berusia 45 hari, jadi bila diatas 2 atau 3 bulan kok belum ada variasi dan hanya monoton cuit-cuit maka hampir dipastikan 90 persen betina.
3. Kloaka/dubur
Blackthroat jantan dewasa memiliki dubur yang relatif lebih panjang, namun saat usia paud kloaka cenderung sama hampir tidak ada perbedaan antara jantan dan betina. Namun bila jeli dan teliti tetap bisa dibedakan.
4. Gaya
Inilah cara termudah untuk mengetahui blackthroat jantan yaitu dengan melihat gayanya. Blackthroat jantan dewasa akan membuka sayapnya saat berkicau, terlebih saat ditempel/jejer dengan blackthroat lainya. Membuka sayap (nggaruda) adalah perwujudan kekuasaan dan keberanian saat berhadapan dengan pejantan blackthroat lainnya dan sebagai ajang memikat lawan jenis (blackthroat betina) saat proses kawin.

Blackthroat Betina
1. Bentuk Fisik
Betina blackthroat berpostur agak kecil dan bulat, mempunyai leher yang pendek dan berkepala kecil bulat.
2. Ocehan
Bersuara monoton dan tidak ada variasi kicauan. Ya, blackthroat betina umumnya hanya bersuara cuit-cuit, hanya saja ada sebagian kasus betina blackthroat yang mau ngerol namun powernya tidak keras.
3. Kloaka /dubur
Blackthroat betina mwmiliki dubur rata dan tidak panjang
4. Gaya
Betina tidak mempunyai gaya buksay seperti halnya blackthroat jantan saat ditempel dengan pejantan. Bila dalam posisi birahi blackthroat betina hanya akan berbunyi cuit-cuit dan menabrakan ke kandang.

Batikan bulu blackthroat dan pola hitam di bagian leher tidak bisa menjadi acuan untuk membedakan jenis kelamin blackthroat.