Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelihara Blackthroat, Ini Menu Wajib Yang Harus Disiapkan


Asupan gizi sangat berperan dalam meningkatkan kualitas blackthroat baik dalam segi pertumbuhan dan suaranya, tidak berbeda dengan manusia. Bila semua terpenuhi maka akan mendapatkan hasil yang terbaik. Faktanya banyak yang teman kicau mania yang masih kurang paham tentang menu sehari-hari untuk burung mungil bersuara merdu ini, karena dari segi usianya pun tidak boleh disamakan dalam memberi pakan.

Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman yang mungkin bisa membantu teman2 yang masih awam tentang menu pakan blackthroat, sebelum itu baiknya saya golongkan dulu menjadi dua menu sesuai kondisi dan umur yaitu blackthroat paud dan blackthroat dewasa.

Blackthroat Paud
Blackthroat paud usia satu setengah bulan sudah bisa mandiri (mandi, makan sendiri) dalam asupanya haruslah maksimal karena masa ini adalah masa pertumbuhan dan masa mulai ngriwik. Asupan gizi haruslah maksimal untuk menghasilkan blackthroat yang bagus. Untuk pakan blackthroat paud sampai dengan usia empat bulan yang harus tersaji dalam kandang yaitu:
Pakan biji-bijian
Jewawut 80%
Kenari sed 10%
Milet putih 5%
Niger 5%
Semua di campur jadi satu dalam satu wadah.
Extra food
Telur puyuh 1/2 butir
Sayuran lunak seperti sawi, timun, gambas dll
Dan tak kalah penting lagi adalah asinan sotong sebagai untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuhnya.

Blackthroat Dewasa
Dalam masalah pakan biji-bijian, tidak ada perbedaan antara blackthroat paud dan dewasa, bahkan justru lebih dikurangi pakan EFnya. Jadi cukup dua atau tiga hari sekali diberikan telurnya. Untuk sayuran tidak masalah bila diberikan setiap hari. Tujuannya adalah agar tidak kegemukan yang imbasnya justru akan membuat blackthroat malas bunyi.