Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Jenis Burung Ini Bisa Disilangkan Dengan Kenari

Burung kenari meskipun saat ini harganya begitu memperhatikan, namun disisi lain tetap mempunyai keunggulan yang selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk dibuat eksperimen oleh para peternak. Diantara keunggulan kenari adalah kecerdasannya untuk menirukan suara burung lain bila dilatih sejak kecil, sudah banyak yang berhasil memasteri dengan suara blackthroat, siskin, lovebird, prenjak dan lainnya. Keunggulan yang kedua adalah mudah untuk disilangkan dengan burung lainya, dan keunggulan ini yang akan kita bahas kali ini. 


Berikut ini adalah burung dari kelompok finch dan lainya yang memenuhi kriteria untuk disilangkan dengan burung Kenari untuk mencetak kenari silangan atau mule :

1. Blackthroat / black-throated canary (Serinus atrogularis)
2. Mozambik / Yellow-fronted canary (Serinus mozambicus)
3. Edel sanger / grey singing finch (Serinus leucopygius)
4. Kenari melayu / kenari gunung (Serinus estherae)
5. Red-fronted serin (Serinus pusillus)
6. European serin (Serinus serinus)
7. Cape canary (Serinus canicollis)
8. Abyssinian siskin (Serinus nigriceps)
9. Cape siskin (Serinus totta)
10. Drakensberg siskin (Serinus symonsi)
11. African citril (Serinus citrinelloides)
12. Forest canary (Serinus scotops)
13. Yellow canary (Serinus flaviventris)
14. Brimstone canary (Serinus sulphuratus)
15. White-throated canary (Serinus albogularis)
16. Brown-rumped seedeater (Serinus tristriatus)
17. Streaky-headed seedeater (Serinus gularis)
18. Streaky seedeater (Serinus striolatus)
19. Lemon Finch
20. Black Hooded Sikin

Semua spesies yang disebutkan di atas yang tergolong dalam genus SERINUS sudah dapat dipastikan keberhasilannya karena hubungan kekerabatannya begitu dekat. Tetapi, bukan berarti selain burung-burung diatas tidak bisa disilangkan dengan kenari, anggapan seperti itu salah besar. Dalam dunia kicau saat ini tren yang sedang berkembang adalah. 

1. Kenari dan goldfinch (Carduelis carduelis), atau antara kenari dan greenfinch (Carduelis chloris), yang berasal dari genus berbeda, tetapi masih dalam keluarga keluarga Fringillidae.

2. Kenari dengan red siskin yang menghasilkan kenari mule siskin dengan warna merahnya yang sangat cantik.

3. Kenari dengan manyar, burung kenyar memang masih dan sangat sedikit yang berhasil. Beberapa faktor yang memengaruhi adalah karakter yang sedikit berbeda terutama dalam menyusun sarang.

4. Kenari dengan greja atau biasa disebut narijo. Banyaknya stok burung gereja di alam bebas adalah keuntungan tersendiri buat kalian yang suka akan hal yang unik.

Melihat fakta di atas, terbuka lebar kesempatan bagi para breeder untuk mencetak aneka kenari mule, untuk menghasilkan jenis burung unggulan, baik dari segi suara atau keindahan warna.

Secara umum untuk menghasilkan burung hasil silangan kenari dan burung tersebut diatas kuncinya adalah dengan memastikan burung yang akan disilangkan dalam keadaan birahi terlebih dahulu. Carilah betina Kenari siap cus untuk disilangkan dengan burung diatas lalu tempel selama beberapa hari dalam kandang yang berbeda, usahakan keduanya untuk selalu melihat satu sama lain. Setelah kelihatan tanda-tanda berjodoh baru dimasukan ke kandang ternak.

Ingat! Untuk kesemuanya, pilihlah kenari sebagai betinanya. Jangan terbalik, karena akan lebih sulit dalam proses perkawinan. Salam cuit-cuit.