Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Somerini, Jenis Blackthroat Termahal Di Indonesia

Bagi para pecinta finch Afrika terutama burung blackthroat tentu sangat mengenal atau minimal pernah mendengar blackthroat jenis somerini. Ya somerini bukan Syahrini lho. Jenis blackthroat ini masuk dalam kategori blackthroat termahal di pasaran saat ini.

Secara visual blackthroat somerini memang berbeda dengan dua jenis blackthroat lainya, yaitu blackthroat sinegal dan boswana. Blackthroat somerini secara global memiliki bulu brewok hitam yang lebih pekat dari pada lainya.


Sejarah singkat blackthroat somerini masuk Indonesia, blackthroat jenis somerini yang memiliki nama ilmiah Chrithagra Atrogularis Somerini merupakan subspecies blackthroat yang kali pertama didatangkan ke Indonesia pada era tahun 2014 tepatnya pada bulan Agustus saat itu. Stoknya pun hanya sekitar 100 (seratus) ekor dalam posisi sudah dewasa, kemudian didatangkan lagi pada tahun setelahnya dengan stok yang tidak jauh berbeda dengan impor awal.

Dengan pertimbangan menjaga kestabilan harga blackthroat somerini, blackthroat jenis somerini ini tidak pernah diimpor lagi sampai sekarang. Dari info ini, tentunya kita bisa mengira-ngira stok somerini ori (asli import) yang berada di tangan peternak lokal, setelah dikurangi angka kematian, gagal ternak atau lainya dengan menghitung mundur ke tahun somerini terahir didatangkan.

Informasi di atas juga memahamkan pada kita bahwa blackthroat somerini yang beredar sekarang adalah hasil produk/penangkaran asli dalam negeri, sangat riskan sekali karena tidak ada jaminan produk yang dihasilkan adalah ori, bisa saja sudah tidak murni lagi darah somerini seperti kemungkinan hasil ternakan Somerini x sombos (somerini x boswana) itupun terbilang masih sangat langka di pasaran dan dengan harga yang mahal pula sehingga bila ada yang mengobral somerini paud impor pasti dia penipu!. Bijak dan berhati-hatilah dalam bertransaksi, karena banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan sesaat. 

Dalam tulisan ini kembali saya ingin berbagi informasi tentang ciri-ciri blackthroat somerini, meski terbilang new be semoga tetap dapat membantu teman kicau mania. Berikut ciri-ciri blackthroat somerini. 

1. Mempunyai corak bulu dominan hitam pekat terutama pada bagian kepala sampai punggung dan dada, serta pada bagian leher/brewoknya akan sangat tampak hitam bukan hanya sekedar garis tipis.


2. Memiliki alis pendek tipis diatas mata yang terlihat kontras sekali karena berpadu dengan warna hitam, sangat berbeda sekali alisnya bila di bandingkan dengan blackthroat lainya. 

3. Bertubuh tinggi, langsing (ramping). Bila diperhatikan lebih jeli, maka panjang bulu sayap akan hampir menyamai ekornya.

4. Memiliki irama kicauan yang rapat. 

5. Memiliki corak batik pada bulunya yang cenderung lebih halus.

6. Bulu dada berwarna coklat abu-abu, sedangkan blackthroat boswana cenderung berwarna coklat kekuningan. 

Itulah sedikit ciri-ciri blackthroat somerini sesuai pengetahuan saya dan dari beberapa sumber, semoga bermanfaat.