Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Baca! 5 Kebiasaan Buruk Kicau Mania

Tulisan ini sebenarnya hasil pengamatan pribadi penulis terhadap teman sesama kicau mania. Tujuan tulisan ini bukan untuk memojokan ataupun lainya, namun lebih menjurus sebagai pengingat agar kita dapat lebih baik lagi ke depanya.


Alasan saya mengkategorikan bahasan ini sebagai "kebiasaan buruk" karena memang dapat berakibat fatal terhadap burung kesayangannya kita ataupun yang lebih parah lagi, perhatian ke keluarga menjadi terabaikan sehingga dapat memercikan pertengkaran dan lainya.

Video pelepasan burung oleh istri yang sempat viral adalah bukti nyata masih ada kicau mania yang belum bisa bijak memilah hal prioritas untuk keduanya. 

Sebenarnya bila kita pandai mengatur waktu semua dapat berjalan berdampingan tanpa ada gesekan. Bahkan banyak pula yang membuktikan bahwa istri mampu menjadi support dalam dunia kicau. 

Lalu apa saja kebiasaan buruk itu? Saya kelompokan menjadi dua bagian, yaitu Kebiasaan yang berimbas langsung ke burung atau ke lainya. 

1. Berimbas terhadap burung
A. Lupa
Ini yang paling sering terjadi dan menjadi kebiasaan buruk terbanyak yang dialami kicau mania. Lupa memberi pakan, memasukkan saat malam dan yang paling sering lupa menutup kandang setelah kita membukanya. Efeknya? Ah anda sudah tau kan.. 

B. Malas
Penghobi sejati tidak akan bosan dengan peliharaannya, namun terkadang karena berbagai hal seseorang terkadang berada dalam titil jenuh sehingga malas melakukan rutinitas yang sellu dijalankan. Malas membersihkan kandang, malas mengganti pakan dan minuman yang kotor, malas Menjemur, malas memasteri dan lainya. Bila hal itu terjadi bersiaplah burung anda akan drop dan rawan penyakit yang imbasnya akan malas berkicau.

2. Berimbas Terhadap Keluarga

A. Lupa Waktu
Memanjakan dan merawat burung kesayangan memang menjadi hal yang utama tetapi bukan yang pertama. Banyak yang salah pengertian, memposisikan hobi terlebih dahulu dan mengesampingkan urusan keluarga adalah kesalahan besar sehingga mengakibatkan terabaikanya waktu kita untuk Keluarga. Bijaklah mengatur waktu untuk hobi dan keluarga, baik saat merawat atau mengikuti event gantangan yang pada umumnya dilaksanakan di hari Minggu. 

B. Boros
Boros dalam hal ini adalah terlalu banyak pengeluaran untuk hobi, baik berupa membeli burung lagi atau untuk mengikuti setiap event gantangan sudah menjamur di mana-mana setiap minggunya. Ukur kadar kemampuan, jangan sampai lupa daratan dan mengorbankan keluarga menjadi terabaikan. 

C. Tidak jujur
Poin ini sebenarnya efek dari pemaparan diatas, kicau mania acap kali harus berbohong saat membeli momongan baru. Burung dengan harga jutaan dibilang cuma burung murahan dan berbagai alasan lainnya. Tentu ini sangat berbahaya, karena akan menjadi bom waktu yang setiap saat bisa meledak. Bommm bertengkarrrr. Biasakan bersikap jujur dan terbuka serta bermusyawarah saat akan membeli. Jelaskanlah potensinya, semisal harga jual yang tinggi serta keuntungan yang diperoleh dengan cara beternak dll.