Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Branjangan Kaliori, Javanica Terbaik?

Memiliki branjangan berkualitas tentu merupakan kepuasan tersendiri bagi pecintanya, meski banyak juga yang tidak mempermasalahkan KTP atau asal usul dari mana branjangan itu berasal (yang penting berkicau).

Diakui atau tidak, meski tidak ada refrensi yang falid, branjangan Jawa (Mirafra Javanica Javanica) adalah branjangan terbaik dalam segi kualitas ocehanya. Maka tak heran bila harga branjangan Javanica Javanica sangatlah tinggi saat ini karena kelangkaannya. Berbeda jika kita kembali ke masa lampau, lima belas tahun lalu atau di era tahun 90an stok branjangan sangatlah melimpah di pulau Jawa, dimanapun berada!

Dalam persebaran branjangan yang ada di pulau Jawa, kualitas branjangan Kaliori lah yang terbaik (best of the best Mirafra Javanica Javanica) meski saat ini keberadaan branjangan asli Kaliori Banyumas sudah bisa dikatakan hampir punah karena sudah sangat jarang orang yang mendapatkannya. Kemudian nomor duanya adalah branjangan asli daerah Wates (Jogja).


Tentu ada alasannya kenapa branjangan Jawa Tengah asli Kaliori (Banyumas) dan Wates (Jogja) adalah branjangan berkualitas tinggi? Jawabannya adalah karena branjangan dari kedua daerah tersebut diatas mempunyai banyak keunggulan, diantaranya adalah:

1. Mempunyai mental yang sangat baik.
2. Mempunyai body besar. 
3. Mempunyai power volume sangat keras. 
4. Mempunyai variasi suara banyak, terlebih setelah dimasteri.
5. Mempunyai warna (kemerahan atau kekuningan) dan corak batikannya yang menarik.


Jawa Barat juga mempunyai daerah penghasil branjangan, yaitu daerah Sapan. Burung branjangan dari daerah Sapan ini  terkenal dengan volumenya yang nyaring, melengking, suara kristal serta njambul (jambul patent). Hanya saja branjangan Sapan mempunyai postur yang lebih kecil bila dibandingkan dengan branjangan Jawa Tengah. Bila branjangan asal Sapan hanya berukuran 12 s/d 13 cm maka branjangan asal Jawa Tengah mempunyai ukuran 12 s/d 14 cm, sedikit lebih besar. Batikan branjangan asal Sapan juga hampir mirip/serupa branjangan parva asal NTB dan Sumbawa.

Bila sahabat saat ini sudah mempunyai branjangan Javanica Javanica maka rawatlah dengan baik terlebih bila memang asli branjangan Jawa Tengah. Anda tinggal mencari betinanya lalu mencoba beternak branjangan tersebut, jangan pesimis karena sudah ada yang membuktikan dan berhasil. Harga anakan branjangan Javanica Javanica hasil penangkaran sangat menggiurkan, kisaran 6 s/d 7 juta rupiah.

Itulah sedikit informasi branjangan Javanica terbaik, Semoga bermanfaat. Share artikel ini bila bermanfaat agar teman kita yang lain mengetahuinya, salam cuit-cuit.