Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenari merlok palsu? Ini Cara mengetahuinya

Kenari merlok atau biasa disebut juga dengan istilah kenari wortel memang sangat berhasil memikat penggemarnya, terbukti meski digempur oleh pasaran kenari yang begitu murah, ternyata tidak berimbas terhadap kenari merah lokal. Jenis kenari merlok saat ini masih tetap seperti dahulu harganya, untuk paud usia 2 bulan sudah dibandrol 800 ribu sampai 1 jutaan tergantung kualitas indukanya.


Harga yang waw ternyata menjadi godaan tersendiri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab serta ingin mengeruk keuntungan sesaat. Banyaknya keluhan pemula yang ingin terjun ke dunia kejari merah adalah bukti bahwa penipuan ini masih terus berlanjut. 

Modus yang digunakan adalah dengan cara menyemir kenari kuning atau sunkis dengan pewarna merah. Bila kita tidak teliti tentu akan menjadi korban selanjutnya. Lalu bagaimana tips dan cara membedakan kenari merlok asli dan merlok abal-abal atau palsu? 

1. Memperhatikan bagian kaki dan paruh
Meminjam istilah detective Conan bahwa "tidak ada kejahatan yang sempurna", penipuan kenari merlok abal-abal dapat kita deteksi bila kita jeli memperhatikannya dengan seksama. 

Sehalus mungkin penipu menyemir atau menyemprot bulu pasti ada kekeliruan atau kekurangan, dengan memperhatikan bagian kaki dan paruh kita dapat mengetahuinya. Apabila warna merah terlalu tajam dan terlihat luntur makan bisa dipastikan itu merlok palsu.

2. Ring
Kenari merlok terbilang barang mewah bagi kicau mania, masih sedikit yang menangkarnya. Karena termasuk istimewa, maka sudah pasti para peternak memberikan ring pada setiap anakan yang dihasilkan disamping sebagai identitas asal usulnya. Bila sahabat membeli merlok dengan tanpa ring, hampir dipastikan itu adalah merlok palsu.

3. Cabut bulu
Cara ini terbilang sangat akurat keberhasilannya, hanya saja mempunyai kelemahan yaitu membutuhkan waktu lama berhari-hari. Bila kita ingin membeli kenari wortel atau merlok ke teman dekat maka cabut bulu pada bagian dada, dan tunggu sampai bulu baru tumbuh. Bila bulu baru tidak berwarna merah namun kuning atau yang lain, maka itu palsu.

Cara perawatan kenari merlok
Merawat kenari merlok terbaik adalah dengan cara memanfaatkan pakan yang banyak mengandung beta carotene sebagai zat perangsang pigmen merah pada bulu kenari, Beta carotene banyak terkandung dalam buah dan sayuran seperti paprika merah, tomat, ubi-ubian, brokoli dan wortel. Penggunaanya buah dan sayuran tersebut dapat diolah sedemikian rupa sehingga langsung dicampurkan dalam makanan kenari atau dengan cara langsung.

Tidak dianjurkan memakai bahan kimia karena dampak yang ditimbulkan akan berbahaya bagi burung dan warna merah juga akan hilang setelah ganti bulu. 

Itulah beberapa tips dan dan cara membedakan kenari merlok palsu dan cara perawatanya. Semoga bermanfaat, salam cuit-cuit.