Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gantangan Puyuh, Trend Baru Dunia Kicau

Arus kicau memang susah ditebak, diantara contoh kasus tersebut adalah mulai maraknya gantangan burung puyuh di berbagai wilayah. Banyak yang merasa terhibur dengan maraknya lomba kicau puyuh ini, burung yang kita kenal sebagai penghasil telur yang sekilas memang tidak mempunyai daya tarik secara langsung ternyata dapat membuat bahagia banyak orang.


Gantangan burung puyuh sebenarnya bukan merupakan hal yang baru, event ini di beberapa wilayah sudah bukan hal yang asing lagi karena sejak beberapa tahun berlangsung. Hanya saja dengan semakin berkembangnya teknologi semakin memudahkan segala informasi. Sekarang semua hal dapat seketika viral, bahkan cukup dalam beberapa jam saja.

Viralnya gantangan burung puyuh saat ini tentu ada beberapa alasan yang mempengaruhi. Beberapa alasan itu adalah :

1. Unik, tentu sangat unik, bahkan inilah yang terunik menurut admin sendiri.

2. Murah meriah, karena siapapun dapat memilikinya. Kita cukup merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah tanpa harus bertengkar dengan istri.

3. Stok melimpah, hampir di semua wilayah ditemukan peternak puyuh. Terlebih burung puyuh jantan menurut para peternak kurang menghasilkan uang karena tidak bertelur dan hanya sebagai pedaging saja.

4. Murni sebagai hiburan, hiburan yang sangat merakyat apalagi dalam kondisi penghobi gantang yang umumnya lovebird sekarang ini sedang lesu.tentu faktor itu semakin mendukung.

5. Ramah lingkungan, hal ini karena semua puyuh tersebut adalah hasil ternakan sehingga tidak merusak alam seperti hobi burung tangkapan alam lainnya, tidak menyebabkan kepunahan satwa terkait,

Mulai digemari
Puyuh yang biasa digantangkan adalah jenis kelamin jantan yang mempunyai suara "takecerrrr", bunyi dari burung puyuh jantan pun hanya monoton tidak seperti burung lain yang biasa digunakan untuk lomba.

Pakem penilaian
Seperti yang telah kami paparkan diatas bahwa puyuh sejatinya bukan burung yang lincah dan banyak gaya, bukan burung kicau dan hanya bersuara monoton maka penilaiannya pun begitu sederhana, beberapa aspek penting dalam penilaian dan poin yang dihasilkan burung puyuh adalah:

1. 10 poin, Bunyi 1X
2. 40 poin, Bunyi ropel 2X
3. 100 poin, Bunyi ropel 3X
4. 40 poin, Bunyi 1X di tangkringan
5. 100 poin, Bunyi 2X ropel di tangkringan
6. 200 poin, bunyi 3X ropel di tangkringan

Seperti halnya burung lain, puyuh yang juara pun akan secara otomatis terdongkrak harganya. Bila dalam pasaran hanya sekitar 15 ribuan. Maka saat mempunyai prestasi bisa sampai 250 ribu, bahkan ada yang ditawar sampai 5 juta itupun belum dikasih. Waww