Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Tulang Sotong Untuk Kenari

Para kicau mania pasti sudah sering mendengar kata sotong, terlebih bagi para peternak burung. Hal ini sangat wajar karena khasiat sotong yang sangat besar bagi burung. Dan pada pembahasan kali ini akan admin ulas manfaat sotong bagi burung. 


Pengertian dan asal sotong
Sotong sendiri adalah hewan air yang banyak ditemui di laut atau sungai. Hewan ini masuk dalam filum Mollusca dan dapat hidup di semua jenis air, baik tawar, asin dan payau. Orang-orang banyak yang salah persepsi tentang sotong ini, kebanyakan mereka menganggap bahwa sotong adalah cumi-cumi padahal sangat berbeda dan memang kenyataannya sotong bukan cumi-cumi. 

Perbedaan Sotong dan cumi-cumi
1. Tubuh sotong berbentuk pipih sedangkan cumi silinder. 
2. Cangkang cumi sangat lembek sedangkan sotong keras.

Manfaat tulang sotong
Tulang sotong sangat besar sekali manfaatnya bagi burung karena sangat kaya kandungan kalsiumnya untuk menunjang pertumbuhan. Terlebih bagi burung yang diternak maka tulang sotong wajib ada di dalam kandang. Beberapa kandungan lain yang juga ada dalam tulang sotong adalah : sodium, garam klorida, garam magnesium, kalsium fosfat serta kalsium karbonat. Beberapa manfaat tulang sotong adalah:

A. Kandungan kalsiumnya berfungsi memperkuat tulang, rahang serta mengasah paruh burung.
B. Mengurangi resiko kerontokan bulu
C. Bahan cangkang telur untuk burung ternakan.
D. Memperbaiki pencernaan.
E. Menggacorkan birung.

Alternatif Pengganti Sotong
Selain sotong di sekitar kita sebenarnya ada banyak makanan pendukung untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi burung, ya bahan itu adalah cangkang telur. 

Cara penyajiannya adalah dengan menjemurnya terlebih dahulu lalu tumbuk sampai halus. Berikan dalam wadah tersendiri di dalam kandang.

Salam kicau. Share artikel dengan klik logo di bawah ini