Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Saat Blackthroat Loloh Piyik

Banyak sahabat kicau yang masih kurang memahami cara dan perlakuan saat blackthroat sedang meloloh anakan / piyik dan akibatnya banyak yang mengalami kegagalan berupa kematian. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut tetapi yang sering terjadi adalah kurangnya perhatian terutama asupan pakan untuk anakan blackthroat.


Piyik blackthroat mulai usia nol hari sampai dengan usia 1 minggu tentu belum kuat mendapatkan asupan biji-bijian dari sang induk. Sistem pencernaan mereka masih terlalu lemah dan belum kuat mengolah pakan berupa bijian. Lalu apa saja menu wajib yang harus kita sediakan saat blackthroat sedang meloloh?


1. Telur puyuh
Rebus telur puyuh lalu cantolkan di dekat tangkringan, Blackthroat sangat suka sekali dengan kuning telur untuk mengasuh anaknya, usahakan jangan sampai telat dalam pemberiaanya. Semakin besar piyik maka semakin banyak pula kebutuhan pakan telur. Kontrol secara berkala dan ganti bila sudah basi meskipun belum dihabiskan.

2. Sayur hijau
Bisa berupa sawi, gambas/oyong, slobor atau lainya. Berilah setiap pagi sayur hijau yang mempunyai tekstur lunak. Ganti secara berkala.

3. Asinan tulang sotong
Tulang sotong berfungsi sebagai sumber kalsium sehingga pertumbuhan piyik dalam membentuk tulang dan paruh akan semakin pesat.

4. Vitamin
Vitamin untuk piyik banyak dijual di toko perlengkapan burung dengan berbagai merk. Biasanya cukup diteteskan dalam wadah minuman.

Catatan
Meski dalam judul kami fokuskan dalam pembahasan blackthroat tetapi tips ini sejatinya juga cocok untuk jenis finch Afrika, seperti sanger dan mozambik dengan tanpa perbedaan.