Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khas Mirafra Javanica Parva

Anda penggemar burung branjangan mirafra javanica javanica? Burung lokal asli Nusantara ini memang sangat memukau, tidak bisa diprediksi memang, burung ini pada era 90an layaknya burung pipit saat sekarang karena pada waktu itu stok sangat melimpah. Saat musim kemarau sangat mudah kita jumpai disekitar area persawahan dan ladang, bahkan saat bulan purnama bersinar kita begitu akrab dengan ocehanya. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini burung branjangan layaknya emas! Sangat sulit didapatkan dan apabila ada pun harganya sangat tinggi.

Berbeda dengan branjangan mirafra javanica javanica, stok branjangan mirafra javanica parva saat ini masih sangat melimpah, burung ini masih sangat mudah ditemui di pulau NTB dan Sumbawa. Sekarang pun sangat mudah kita jumpai si pasar hewan/burung dengan harga yang masih terjangkau. Ada beberapa alasan yang memengaruhi harga branjangan parva begitu jauh adalah:


1. Hukum pasar, stok melimpah maka adan berakibat turunnya harga. Tapi admin yakin suatu saat harga parva dapat seperti harga java saat ini.

2. Anggapan bahwa parva tidak dapat mengungguli kualitas java, baik ssbagai kicauan atau sebagai bahan lomba di gantangan. Padahal hal itu tidak mutlak dapat dibenarkan, karena dalam beberapa event pun ternyata parva mampu mengungguli java. Namun hal itu belum mampu menggeser anggapan diatas.

Orang-orang masih tetap mencari java dimanapun tempatnya, baik dalam pasar burung ataupun dalam forum jual beli online atau group FB yang khusus membahas branjangan. Bagi pemula tentu ini menjadi sasaran empuk bagi para penipu yang memanfaatkan moment ini. Entah berapa banyak yang sudah menjasi korban penipuan branjangan java ini. Hati-hatilah sob!

Diakui atau tidak, ternyata masih banyak yang belum mengetahui ciri khas branjangan parva, padahal mengetahui hal tersebut sangatlah penting. Diantara manfaatnya adalah agar kita tidak menjadi korban penipuan serta sebagai tambahan ilmu. Ok, mari kita bahas perbedaan yang sangat mencolok antara jenis branjangan parva dan branjangan lokal jawa.

Ciri khas Branjangan Parva:
1. Mempunyai ukuran tubuh yang cenderung lebih kecil, yaitu antara 11 cm sampai 12 cm. Ukuran kaki pun tidak terlalu panjang.

2. Warna bulu merupakan perpaduan antara hitam, putih, dan coklat. Pada punggung, batikan lebih didominasi oleh warna putih dan hitam. Warna coklat hanya terdapat pada dibagian sayap dan se_per lima bagian punggung.

3. Paud parva sebelum mabung/ganti bulu mempunyai motif batikan yang tidak rata, lancip dan mempunyai warna perpaduan antara warna hitam dan putih. (lihat gambar atas) 

4. Parva dewasa dan setelah berganti bulu mempunyai motif batik bulat kecil berwarna cokelat muda pada bagian sayapnya serta motif batik tidak beraturan berwarna pitih dan hitam pada bagian punggungnya.


5. Mempunyai suara treble dengan suara khusus - cik cik tirrr cik cik tirrr-. Saat telah sukses pemasteran dengan burung lain pun, suara tersebut juga tidak hilang.
Harga bakalan parva sebenarnya bervariasi mulai dari yang terendah kisaran 100 ribu sampai yang sudqh gacor sekitar 1,5 juta,  Jadilah pembeli cerdas, bila ternyata sesuai dengan kriteria diatas namun berharga diatas harga normal maka kita patut curiga.

Jangan pernah malu untuk bertanya dan belajar, khususnya kepada para master branjangan yang telah berpengalaman. Semoga artikel ciri khas branjangan parva ini bermanfaat. Salam cuit-cuit