Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khas Mirafra Javanica Javanica

Branjangan jawa atau sering juga disebut dengan Mirafra Javanica Javanica adalah burung endemik berbagai pulau di nusantara. Diantara persebaranya adalah di pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sumatera. Burung yang semakin hari semakin langka ini mempunyai postur tubuh lebih besar daripada saudaranya yaitu branjangan parva/branjangan NTB atau yang sering kita sebut Mirafra Javanica Parva.

Branjangan Jawa mempunyai ​warna bulu dan batikan yang sangat sangatlah khas serta berbeda sekali dengan Mirafra Javanica Parva atau branjangan NTB. Branjangan java mempunyai ciri-ciri bulu berwarna coklat, batikan rapi bermotif bulat. Dari segi kualitas suaranya pun branjangan java mempunyai power suara besar dan kuat. Burung java ini dapat dengan fasih dan mudah menirukan beberapa suara burung yang ada disekitarnya.

Sampai saat ini, predikat branjangan javanica javanica terbaik dengan kualitas irama, batikan dan posturnya masih dipegang oleh branjangan asli Kaliori Banyumasan Jawa Tengah. Namun keberadaan branjangan liar di daerah Kaliori Banyumas saat ini sudah sangat langka dan hampir tidak bisa ditemukan.

Ciri khas Branjangan Javanica Javanica:
1. Mempunyai ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan branjangan parva, yaitu antara 13 - 15 cm.

2. Kakinya lebih panjang dengan ukuran postur tubuh yang panjang.

3. Mempunyai batikan bulu berwarna antara perpaduan hitam, kuning serta coklat. Perpaduan warna kuning dan coklat pada bagian punggungnya lebih banyak.

4. Paud branjangan java mempunyai pola batikan yang tidak teratur dan tidak rata, tetapi masih tetap didominasi oleh warna coklat.


5. Ketika burung ini sudah berumur /dewasa atau sudah  ganti bulu, batikan sayapnya akan menjadi warna coklat muda dengan pola bulat-bulat kecil namun beraturan. Batikan pada punggung berupa perpaduan antara coklat dan kuning dengan motif batik yang beraturan pula. 


6. Mempunyai tipe suara bass dan suara khas burung liar/alas akan berkurang dan lebih dominan dengan suara masteran (saat sudah dimasteri dengan suara burung lain).
7. Harga branjangan mirafra javanica javanica sekarang mahal sekaki, untuk bakalan hasil tangkapan saja sudah dibandrol  3.000.000 an, hasil ternakan yang masih paud saja mencapai 6 juta. dan yang sudah siap gantan di medan perlombaan sekitar 7.500.000 s/d 15.000.000 Fantastis kan?
Kita perlu hati2 dan curiga jika ada oknum yang hendak menjual branjangannya namun dengan harga dibawah 3.000.000 lalu  diakui sebagai branjangan lokal jawa atau javanica. Bila memang sahabat kicau tertarik dan berkeinginan untuk memiliki branjangan javanica javanica, alangkah baiknya berkonsultasi dengan pakar branjangan terlebih dahulu untuk menghindari praktek penipuan yang sedang marak terjadi.